Faktor Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan – Dalam meninggikan badan anak, Anda perlu memahami berbagai faktor faktor yang cukup membuat anak terpengaruh secara pertumbuhannya . Masa depan tidak dapat diulangi, segera pahami poin poin dibawah agar anak Anda dapat tumbuh dengan maksimal

 

1.      Hindari Menggunakan Tas Punggung yang Terlalu Berat

Hindari menggunakan tas punggung yang berat , hal tersebut sudah dikatakan oleh banyak orang tua jaman dahulul, jika banyak menggendong tas punggung dalam keadaan yang cukup berat dipercaya dapat menghambat proses bertambah tingginya badan. Dengan membawa berat berlebih, secara tidak langsung , badan Anda akan sedikit bungkuk ke depan.

 

Baca Juga : Cara Termudah Supaya Anak Anda Tumbuh Tinggi

Posisi bungkuk kedepan tersebut akan tekan bantalan sendi  , sehingga membuat Anda terbiasa untuk berjalan menunduk . Nah, bagaimana dengan tas yang kalian miliki? Apakah anda masih memaksakan diri untuk menggendong tas dengan bobot yang berlebihan?

 

2. Kebiasaan Begadang

Menjadi “manusia nokturnal” terbukti memperlambat tinggi badan. Ini dirasakan oleh anak laki laki berusia 17 tahun yang sekarang sudah berusia 19 tahun. Dalam 2 tahun tersebut, ketika dia terbiasa nonton film di malam hari .  Secara tidak sadar, kebiasaan tersebut menjadikannya berpostur lebih pendek dibanding teman-temannya –bahkan yang berusia lebih muda darinya.

Mungkin keterangan tersebut tidak bisa dijadikan bukti kuat, tetapi coba Kita amati orang-orang yang hobi begadang, jarang dari mereka yang postur tubuhnya tinggi. Alasannya mengapa ? Karena begadang tersebut dapat hambat pertumbuhan tulang , karena justru di saat malam hari (pukul 11 keatas) justru saat itulah sel tubuh yang mati akan beregenerasi menjadi sel baru . Proses seperti ini tentu saja terganggu apabila anda sering bergadang.Hormon pertumbuhan ini / HGH lebih banyak bekerja dan berproduksi justru ketika tidur/ istirahat ..

3. Kekurangan Yodium

Orang jika kekurangan yodium pada masa kecilnya , kemungkinan berisiko memiliki postur tubuh pendek ketika dewasa. Penyebab utama problem ini adalah karena yodium merupakan bahan baku utama untuk memproduksi hormon tiroid.

 

Baca Juga : Cara meninggikan badan dengan cepat dalam waktu 2 minggu

Hormon tiroid itu sendiri diproduksi oleh kelenjar tiroid (gondok), terutama sel folikel tiroid. Kegunaan hormon tiroid adalah sebagai penentu utama dari laju metabolik tubuh secara keseluruhan. Tak hanya disitu saja, hormone tiroid punya aktivitas untuk mengelola pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan fungsi saraf.

 

4. Kebiasaan Merokok

Semua orang tentu saja tahu bahwa merokok tidak baik . Tapi tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan merokok ini buruk bagi pertumbuhan tinggi badan anak Anda ? Paru paru akan rusak , dan juga berbagai organ lain seperti jantung dan juga pembuluh darah . Namun untuk menghilangkan diri dari ketergantungan tersebut tentu saja sangat sulit. Banyak sekali para perokok tersebut mengaku bahwa ia sulit sekali untuk berhenti merokok .

Hal tersebut akan jadi keputusan berat buat Anda, tetapi hal ini akan menjadi penentu kebingungan Anda selama ini. Salah satu penyebab sulitnya bertambah tinggi badan antara lain adalah kebiasaan merokok yang sulit dihentikan . Dalam satu batang rokok tersebut, terkandung nikotin dan juga beribu ribu jenis racun lain, racun tersebut  dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Jika tubuh anak Anda alami defisiensi kalsium, kemudian tulang akan susah untuk melanjutkan proses tumbuhnya.

5. Gizi yang terkandung di dalam makanan

sayuran dapat menambah tinggi badan
sayuran dapat menambah tinggi badan

Pertumbuhan seseorang dapat terganggu apabila gizi dalam makanan tidak tercukupi dengan baik seperti kecukupan protein , kalsium dan vitamin yang berakibat seseorang cenderung tidak mendapatkan tinggi badan maksimalnya.

6.Faktor Genetik

genetika tinggi badan
genetika tinggi badan

Perlu kalian ketahui nih Gen yang mempengaruhi tinggi badan seseorang itu dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah “huruf” dasar di kode genetik tersebut yakni HMGA2 sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang.

Seseorang akan lebih tinggi setengah sentimeter jika hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya dari T (disingkat dari Thymin). Dalam hal ini pun begitu , jika seseorang memiliki C yang ganda, hal ini akan membuat mereka tinggi lebih dari 1 sentimeter dari yang punya T ganda .  HMGA2 salah satu yang menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggi manusia. Sebenarnya sih masih ada lagi gen-gen yang berkaitan dengan tinggi badan.

7. Hormon Pertumbuhan

Hormon HGH (Human Growth Hormone) sangat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang loh. Hormon pertumbuhan seseorang akan berhenti pada usia 60 tahun dan perlu kalian ketahui Hormon HGH seseorang berbeda-beda. Hormon HGH terdapat pada kelenjar pituitari yang terletak pada dasar tulang tengkorak dan di bawah otak . Kelenjar pituitari ini ukurannya sangat kecil , hanya sebesar biji kacang saja , namun kelenjar tersebut memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan tubuh manusia , hormon HGH seseorang hanya tersisa 25% saja.

Hormon pertumbuhan / HGH dapat di- booster menggunakan suplemen Zinc Capsule Tiens.

 

Baca Juga : Bahaya dan Efek samping akibat minum Obat Peninggi Badan Tiens Bagi Tulang

 

8. Ekonomi & Lingkungan

Faktor terakhir yakni lingkungan dan ekonomi tinggi badan juga dapat mempengaruhi seseorang oleh. Anak dari keluarga berada umumnya mendapatkan gizi terbaik dari orang tuanya. Lingkungan yang terisi banyak pemain basket / olahragawan / teman hobi yang suka berolahraga pada suatu perumahan tentu juga mempengaruhi motivasi seseorang untuk menambah tinggi badannya. Ketika seseorang tinggal di lingkungan yang merasa bahwa tinggi badan sangat penting bagi masa depannya , tentu saja orang tersebut akan berjuang sepenuh hati untuk menambah tinggi badannya / tinggi badan anak-anaknya.

 

 

Baca artikel seputar peninggi badan lainnya :

Cara meninggikan badan dengan cepat dalam waktu 2 minggu

Cara Termudah Supaya Anak Anda Tumbuh Tinggi

Apakah Peninggi Badan Tiens Bohong dan Berbahaya Bagi Tulang ?

Bahaya dan Efek samping akibat minum Obat Peninggi Badan Tiens Bagi Tulang

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

 

 

Baca artikel seputar kolesterol dan diet efektif :

5 Cara menurunkan kolesterol dengan Cepat

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan jeruk nipis

 

Jangan lupa SHARE/Bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat ^_^ , Gunakan jari kita untuk berbagi manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *